e e

Jumat, 28 Desember 2012

FOKUS: Lima Pemain Yang Perlu Dibeli AC Milan Pada Bursa Transfer Januari 2013

 Ac Milan players celebrate against Anderlecht
Bursa transfer musim panas kemarin bak mimpi buruk buat AC Milan. Bagaimana tidak, I Rossoneri harus mengucap selamat tinggal kepada pemain senior semacam Alessandro Nesta, Clarence Seedorf, Gennaro Gattuso dan Filippo Inzaghi. 
Situasi tambah buruk setelah para bintang yang mempersembahkan Scudetto di musim 2010/11: Mark van Bommel, Zlatan Ibrahimovic dan Thiago Silva dilego. Belum lagi attacante temperamental Antonio Cassano yang memutuskan membelot ke tim sekota, FC Internazionale.

Hasilnya, Massimiliano Allegri kerepotan meracik tim dengan pemain seadanya. Hanya mengepak tiga kemenangan dari sepuluh laga awal menjadi bukti I Rossoneri belum bisa "move on" dari para mantan pemainnya. Posisi Allegri pun kian panas, sejumlah nama masuk kandidat suksesor--termasuk Inzaghi--namun Milan bersikeras mempertahankan mantan allenatore Cagliari.


Regenarasi dan transisi. Begitu para petinggi Milan berdalih saat tifosi murka melihat keputusan klub melepas para pemain kesayangan mereka. Presiden Silvio Berlusconi berjanji memberikan kesempatan kepada pemain muda untuk melanjutkan tongkat estafet dari para senior. Memang, sang supremo tak menjami timnya bakal bangkit dalam waktu dekat.

"Ini periode transisi dan kami menjadi juara selama 26 tahun, tapi sekarang harus sedikit bersabar. Kami memberi waktu selama tiga tahun untuk kembali menjadi protagonis di Italia dan dunia," beber Berlusconi kepada Sky Sport Italia beberapa waktu lalu.

Pelan tapi pasti tim yang sudah berusia 113 tahun ini mampu bangkit dari keterpurukan. Tidak hanya lolos ke babak 16 Besar Liga Champions, Il Diavolo Rosso juga merangkak ke papan tengah. Adalah aksi pemain belia Stephan El Shaarawy yang diyakini banyak membantu pemegang tujuh trofi Liga Champions.

Menembus zona Liga Champion musim depan menjadi target paling realistis buat Setan Merah. Tapi, meski "cuma" menargetkan tiga besar, jelas itu bukan tugas gampang. Ada Lazio, Fiorentina, Inter, Napoli dan AS Roma yang  saling sikut berebut satu tempat demi bisa unjuk gigi di level tertinggi kompetisi Benua Biru.

Milan sendiri tertinggal delapan poin dari La Viola yang jelang jeda musim dingin menyegel peringkat ketiga dengan 35 angka. Salah satu cara paling rasional untuk menebus target tersebut adalah memanfaatkan lantai bursa di musim dingin Januari tahun depan. 
MATTIA PERIN | PESCARA

SUKSESOR CHRISTIAN ABBIATI
KLUB SEKARANG:
POSISI:
BANDEROL:
KEMUNGKINAN PINDAH:
PESCARA
KIPER
€7.000.000
50 PERSEN
Pos penjaga gawang tampaknya menjadi problem paling serius buat I Rossoneri. Tim asal kota mode dikabarkan fokus mencari calon pengganti jangka panjang untuk portiere Christian Abbiati, yang telah menginjak usia 35 tahun dan memasuki musim terakhir dalam kontraknya di San Siro.

Salah satu nama yang masuk dalam radar Milan adalah Mattia Perin, kiper muda 20 tahun milik Genoa yang musim ini dipinjamkan ke Pescara. Kiper timnas Italia U-21 ini disebut-sebut penjaga gawang masa depan di tanah kelahirannya.

Nah, jika Il Diavolo Rosso serius memboyong pemain muda nama Perin pantas dipertimbangkan untuk menjadi suksesor Abbiati. Perin tampil selama 1503 menit bersama Il Defini musim ini dan mencatatkan tiga clean-sheet melawan Atalanta, Carpi [Coppa Italia] dan Parma.

Laskar Allegri diberitakan siap menenteng uang €5 juta ke Stadio Adriatico untuk mendapatkan Perin dengan status kepemilihan bersama. I Rossoneri harus bergerak cepat di bursa transfer jika tak mau disalip raksasa Liga Primer Inggris Manchester City yang juga meminati servisnya.

Tawaran €5 juta untuk 50 persen kontrak agaknya tak terlalu sulit membuat Pescara luluh, karena nilai pasar Perin diyakini hanya €7 juta. Meski sang agen mengklaim belum ada tawaran yang masuk untuk kliennya, pemain bernomor punggung 77 ini mengaku kangen dengan bekas rekan setimnya, El Shaarawy.

"Saya menjalin persahabatan erat dengan Stephan dan kami cukup sering berbicara satu sama lain. Di usia 20 tahun dia sudak menjadi topskor Serie A. Saya pastinya ingin bermain dengannya di masa datang," ucap Perin.
ANGELO OGBONNA | TORINO

SOLUSI LINI BELAKANG
KLUB SEKARANG:
POSISI:
BANDEROL:
KEMUNGKINAN PINDAH:
TORINO
BEK TENGAH
€11.000.000
40 PERSEN
Minus Alessandro Nesta dan Thiago Silva yang menjadi andalan di jantung pertahanan, membuat barisan belakang Milan mudah digoyang lawan. Selain kendala usia, kehadiran Philippe Mexes, Daniele Bonera dan Mario Yepes tampaknya belum cukup menggantikan peran dua nama sebelumnya.

Nama terakhir bahkan kerap melakukan blunder, termasuk saat dihantam I Giallorossi 4-2 pada laga tutup tahun akhir pekan kemarin. Total, gawang I Rossoneri sudah kebobolan 26 gol hanya dalam 18 pertandingan atau rata-rata 1,4 gol di setiap laga.

Untuk menambal buruknya garis terakhir, center back Torino Angelo Ogbonna bisa menjadi pilihan. Penampilan pemain kelahiran 24 tahun silam ini cukup konsisten dan selalu menjadi pilihan utama pelatih Il Toro Giampiero Ventura di 11 laga Serie A.

Merogoh kocek €11 juta untuk Ogbonna seharusnya tidak terlalu sulit buat I Rossoneri, terutama mengingat rapuhnya barisan belakang. Apalagi, Allegri juga tak malu mengutarakan kekagumannya terhadap pemain yang pernah dipinjamkan ke Crotone musim 2007/08 silam.

"Dia adalah seorang pemain hebat, namun saya tidak suka membicarakan mereka yang masih menjadi milik klub lain," tukas Allegri kepada wartawan.

Selain I Rossoneri, Ogbonna juga diyakini mendapat kejaran dari Juventus, Liverpool, Manchester United dan Anzhi Makhachkala. Namun, direktur olahraga Gianluca Petrachi berharap Milan-lah yang mengajukan tawaran formal kepada pemain andalannya.

"Ia benar-benar pemain yang sempurna. Ia kuat secara fisik dan teknik serta memiliki sikap yang bagus. Saya tidak akan terkejut jika Milan meminatinya karena ia merepresentasikan bek papan atas Italia," kata Petrachi.


KEVIN STROOTMAN | PSV EINDHOVEN

PENGGANTI NIGEL DE JONG
KLUB SEKARANG:
POSISI:
BANDEROL:
KEMUNGKINAN PINDAH:
PSV EINDHOVEN
GELANDANG
9.000.000
30 PERSEN
Vonis cedera Nigel De Jong di pertandingan melawan Torino membuat Milan minim opsi di lini tengah. Pemain yang baru didatangkan dari Manchester City pada musim panas lalu diberitakan mesti absen hingga akhir musim, dan meski Adriano Galliani menampik perekrutan pemain untuk menggantikan posisi De Jong, nama Kevin Strootman muncul dalam daftar transfer.

Gaya bermain punggawa PSV Eindhoven ini disebut-sebut mirip seniornya, Mark van Bommel, yang balik ke Eredivisie Belanda musim panas kemarin.

Gelandang kelahiran 13 Februari 1990 ini termasuk salah satu pemain kunci yang membawa PSV nangkring di pucuk klasemen dengan 40 poin, unggul selisih gol dari Twente yang mengantongi nilai identik.

Dari 1605 menit di lapangan musim ini, PSV kebagian lima gol dan lima assist dari aksi Strootman atau satu gol setiap 321 menit. Data ini melonjak cukup jauh dari musim lalu, di mana dia hanya menorehkan dua gol dari 30 pertandingan.

Tak heran jika Milan mendapat banyak pesaing untuk mendapatkan pemain yang mengantongi 15 caps bersama Belanda, termasuk dari Manchester United dan Arsenal.

Peluang I Rossoneri memboyong pemain idamannya makin tipis menyusul pengakuan Strootman yang ingin bertahan dengan PSV hingga akhir musim.

"Saya tak harus pindah sekarang. Tentu saya punya ambisi dan beberapa kali saya membicarakan kemungkinan pindah dengan agen saya, tapi saya tak terlalu risau. Tak ada masalah di Eindhoven. Saya ingin juara dulu bersama PSV musim ini," tukasnya kepada NUsport.
MARIO BALOTELLI | MANCHESTER CITY

SI BENGAL IDAMAN
KLUB SEKARANG:
POSISI:
BANDEROL:
KEMUNGKINAN PINDAH:
MAN CITY
PENYERANG
32.000.000
60 PERSEN
Jika Alexandre Pato dan Robinho benar-benar meninggalkan San Siro di musim panas, praktis Allegri hanya memiliki El Shaarawy dan Giampaolo Pazzini yang memiliki jam terbang lebih banyak atau Bojan Krkic yang bisa bermain sebagai winger maupun penyerang.

Sementara M'Baye Niang dan Philipp Prosenik belum bisa diandalkan untuk laga-laga kompetisi mayor sekelas Serie A dan Liga Champions.

Nama pemain bengal Manchester City Mario Balotelli pun kembali dihubungkan dengan Milan. Penyerang berdarah Ghana ini dirundung masalah di Citizens dan tak mendapat tempat dalam formasi Roberto Mancini.

Situasi eks Inter makin sulit setelah dia dikabarkan kedapatan berpesta hingga larut malam sebelum pertandingan melawan Tottenham Hotspur. Musim ini, dia baru mencetak satu gol dari 13 kali merumput di Liga Primer.

Meski pelatih ragu dengan kedatangan Balotelli, sejumlah pemain justru berharap pemain berambut mohawk ini didatangkan, termasuk sahabatnya, El Shaarawy.

"Mario adalah pemain hebat yang juga bisa menciptakan peluang untuk mencetak gol. Saya harap kami bisa menjadi tandem di masa mendatang. Saya akan melalui periode yang bagus sekarang dan berharap bisa terus berlanjut," kata El Shaarawy usai laga uji coba melawan Prancis medio November lalu.

Uang hasil penjualan Robinho dan Pato diharapkan bisa "membantu" Milan menebus Balotelli yang memiliki banderol sebesar €32 juta.
DIDIER DROGBA | SHANGHAI SHENHUA

ALTERNATIF BALOTELLI
KLUB SEKARANG:
POSISI:
BANDEROL:
KEMUNGKINAN PINDAH:
SHANGHAI SHENHUA
PENYERANG
3.500.000
50 PERSEN
Jika upaya mendapatkan Balotelli menemui jalan buntu, Didier Drogba bisa menjadi pemecah masalah "instan". Usia pemain internasional Pantai Gading memang tidak muda lagi, 34 tahun, tapi pengalaman Drogba di level Eropa bisa menjadi jawaban atas masalah lini depan.

Bersama Shanghai Shenhua, Drogba telah mengukir delapan gol dan dua assist dari sepuluh pertandingan di divisi utama Cina. Jam terbang mantan pilar Marseille bersama The Blues yang bolak-balik mentas di Eropa bisa membantu Milan di sisa kompetisi, terlebih dia memiliki kenangan indah di Liga Champions musim lalu.

Harga Drogba yang cuma €3,5 juta tampaknya cukup ramah dengan kantong I Rossoneri. Hanya saja, Milan mendapat saingan berat dari Juventus yang juga meminati jebolan akademi Le Mans tersebut. Meski I Bianconeri dengan tegas menampik kabar kedekatan dengan Drogba, toh isu transfer tidak juga mereda.

“Saya tidak mengerti mengapa nama Drogba disebut-sebut [pindah ke Juventus]. Saya belum pernah berbicara kepada siapa pin tentang dia, dan saya juga tak pernah minta,” ujar Conte kepada Tuttosport.

Sementara itu kapten Milan Massimo Ambrosini justru mengungkap keinginannya melihat Drogba berseragam Merah-Hitam dari pada harus memboyong Balotelli.

"Saya selalu menyukai Drogba. Dia sangat profesional dan disambut di Milan. Talenta Mario tidak cukup--salah menilai sikapnya di usianya," ujar Ambrossini kepada La Gazzeta dello Sport.


0 komentar:

Posting Komentar

e